Thursday, October 4, 2012

Persembahyangan di Pura Kedaton Padangan


 Di desa kami ada tempat persembahyangan umat Hindu yang namanya Pura Kedaton. Persembahyangan dipura ini dilakukan pada Sasih Kapat (bulan ke empat penanggalan Bali/Jawa) pada bulan purnama (bulan penuh). Umat Hindu yang melaksanakan persembahyangan di Pura ini adalah umat Hindu yang biasa beraktivitas di sekitar wilayah desa Padangan atau umat Hindu yang walaupun sudah melakukan pekerjaan jauh dari desa tetapi umumnya berasal dari desa ini.
         Persembahyangan bersama selalu dilaksanakan setelah matahari mulai condong kearah barat. Tetapi untuk umat Hindu yang tinggal jauh dari desa disediakan waktu untuk sembahyang sendiri-sendiri atau sembahyang bersama keluarga mereka sebelum jam 12 siang, hal ini untuk memudahkan pengaturannya saja. Pada Purnama sasih Kapat tahun ini bertepatan dengan Hari Minggu tanggal  30 September 2012, sehingga umat Hindu yang datang untuk sembahyang sangat banyak. Mulai sekitar jam 08 pagi sudah mulai rame yang datang ke Pura.
 Berbagai macam persembahan yang dihaturkan kepada Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa), ada yang menghaturkan buah-buahan yang dirangkai sedemikian indah (Pajegan), ada yang menghaturkan uang (Dana Punia), ada yang menghaturkan tari-tarian (Tari Rejang) da nada juga yang menghaturkan kidung-kidung suci.     




No comments:

Post a Comment