Sunday, September 2, 2012

Kopi Robusta Organik


         Produksi pertanian yang kami hasilkan saat ini adalah kopi robusta. Kopi kami hasilkan dengan cara-cara yang ramah lingkungan. Memang hasilnya tidak banyak karena lahan pertanian yang kami kelola terbatas. Tanah perkebunan yang kami kelola tidak menggunakan pupuk kimia melainkan pupuk organik  yang berasal dari kotoran ternak (kotoran kambing/pupuk kandang).






Pemeliharaan tanaman kopi dikebun kami terdiri dari ;
1.      Penyiangan rumput atau pembersihan tanaman pengganggu. Pekerjaan ini dilaksanakan secara manual yaitu dengan mengandalkan tenaga manusia dengan menggunakan sabit yang mana rumput dipotong yang kemudian potongan rumput tersebut dibiarkan disekitar tanaman kopi dan kemudian busuk menjadi humus tanah. Hal ini bias menjaga kelembaban tanah terutama pada musim kemarau. Penyiangan rumput dilakukan 2 sampai 3 kali dalam setahun.
2.      Pengurangan cabang yang tidak produktif. Pekerjaan ini adalah memotong cabang tanaman kopi yang tidak produktif, hal ini dilakukan supaya cabang –cabang produktif lebih berdaya karena mendapatkan unsur hara yang cukup untuk menghasilkan buah. Pekerjaan ini dilaksanakan sesuai dengan kondisi dilapangan (kondisi tanaman kopi).
3.      Pemupukan. Sejak tahun 2010 kami sudah tidak menggunakan pupuk kimia kepada tanaman kopi kami. Pupuk yang kami berikan adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing. Pemupukan kami lakukan 2 kali dalam setahun yaitu sekitar bulan September sampai Oktober untuk pemupukan pertama dan pada bulan April sampai Mei untuk pemupukan ke dua.
4.      Pemetikan buah kopi. Pemetikan buah kopi dilakukan ketika buah kopi sudah tua (warna merah). Mulai tahun 2012 kami melakukan petik selektif, yaitu kami memetik hanya buah yang sudah benar-benar tua (warna merah). Pekerjaan ini memerlukan kesabaran dan ketelitian, namun hal ini kami lakukan untuk menjaga kualitas kopi. Rasa dan aroma kopi yang dihasilkan mampu menjaga cita rasa yang tinggi.
5.      Penggilingan kopi dan pengeringan. Setelah buah kopi dipanen maka kami melakukan penggilingan tujuannya adalah untuk mengupas kopi dari kulitnya, kemudian dilakukan pengeringan dengan menjemur dibawah terik sinar matahari. Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa panen buah kopi selalu sekitar bulan Juni samapi Agustus yang mana pada bulan-bulan tersebut selalu cukup sinar matahari untuk mengeringkan produksi kopi di desa kami. Setelah kering kopi kami jual ke konsumen.

Kopi Robusta Organikku Siap Panen Now.
Ada yang berminatuntuk membeli silahkan.




No comments:

Post a Comment